Pentingnya keamanan jaringan: Keamanan Di Dunia Digital

Pentingnya keamanan jaringan: Keamanan Di Dunia Digital

Pentingnya keamanan jaringan: Keamanan Di Dunia Digital – Ketika dunia menjadi semakin bergantung pada internet untuk melakukan segalanya, kita adalah bagian dari jaringan komputer yang berkembang.

portknocking – Keamanan data telah menjadi salah satu dilema terbesar yang harus kita hadapi saat ini. Salah satu cara agar data Anda tetap rentan, adalah jika jaringan Anda tidak aman. Mari kita lihat beberapa alasan mengapa sangat penting untuk memiliki jaringan yang aman.

Mengapa keamanan jaringan penting?

Saat Anda bekerja melalui jaringan, semua data yang melewatinya bergantung pada jaringan itu sendiri agar cukup aman untuk tidak membiarkan siapa pun kecuali penerima yang dituju mengakses data itu. Baik Anda bekerja melalui jaringan LAN kabel atau WiFi, keduanya rentan diserang.

Jika Anda bekerja melalui jaringan yang tidak aman. Peretas berpotensi meretas seluruh jaringan dan itu akan memberi mereka akses ke semua yang dikirim atau diterima siapa pun melalui jaringan itu. Lupakan privasi, semuanya akan melalui peretas dan mereka bahkan dapat mengubah data melalui jaringan.

Jika Anda memiliki jaringan yang aman, tidak hanya akan menyaring spyware, tetapi juga menambahkan lapisan perlindungan terhadap potensi serangan cyber. Ia melakukannya dengan memecah semua data yang masuk dan keluar dari jaringan menjadi beberapa paket kecil. Kemudian mengenkripsi setiap paket secara terpisah dan kemudian mengirimkannya melalui beberapa saluran. Dengan cara ini, bahkan jika seseorang mencoba masuk ke sistem Anda, mereka tidak akan pernah memiliki akses ke semua data Anda di satu tempat.

Bagaimana bisa terjadi kesalahan dalam jaringan yang akan berdampak pada individu dan perusahaan?

Sebagai perusahaan, dan individu, data Anda sangat berharga. Jika data pribadi Anda telah diretas, Anda dapat menjadi korban hal-hal seperti pencurian identitas, kontrak atau pinjaman yang diambil atas nama Anda dan lebih buruk lagi, memiliki catatan kriminal untuk sesuatu yang dilakukan orang lain! Sebagai sebuah perusahaan, bukan hanya Anda yang datanya dipertaruhkan, tetapi setiap orang yang pernah bekerja dengan Anda, pemasok dan pembeli. Selain itu, seorang peretas dapat dengan mudah mengganti data Anda, dengan miliknya sendiri. Ini memungkinkan mereka untuk mengirim pesan apa pun menggunakan nama perusahaan Anda, ini dapat menyebabkan kerusakan permanen, bahkan jika Anda mendapatkan akses ke data Anda lagi, Anda tidak tahu apa yang mungkin telah dilakukan peretas dengan data Anda. dan apa yang bisa mereka lakukan di masa depan.

Selain itu, peretasan juga dapat menyebabkan downtime di front end situs web Anda dan seluruh jaringan Anda dapat macet, ini akan menyebabkan potensi kehilangan pendapatan dan pelanggan dapat pergi ke tempat lain. Semakin lama waktu yang dibutuhkan jaringan untuk kembali online, semakin besar kerusakan yang ditimbulkan oleh perusahaan Anda.

Baca Juga : Keamanan Siber yang Harus Dimiliki untuk Profesional IT

Bagaimana Pendidikan dan Pelatihan Keamanan Cyber ​​dapat membantu Individu Menjaga Jaringan Berjalan dengan Aman?

Peretasan tidak datang secara alami kepada orang-orang, mereka mempelajarinya dan terus meningkatkan keterampilan mereka agar sesuai dengan perubahan internet. Ini berarti bahwa jika Anda ingin tetap aman dari serangan siber, Anda juga harus mendapatkan pendidikan. Ketika Anda tahu bagaimana peretas mendapatkan akses ke sistem Anda, Anda akan tahu “apa yang tidak boleh dilakukan” dan jika mereka berhasil menyerang jaringan Anda, Anda harus tahu cara mengeluarkan mereka dari jaringan Anda dan mengamankannya.

Di bawah ini adalah keterampilan dan pelatihan yang harus dimiliki setiap orang dalam program keamanan siber organisasi atau lainnya:

Bertindak sebagai Administrator, dapat memecahkan masalah perangkat keras atau perangkat lunak apa pun untuk masing-masing komputer dan dalam pengaturan multi-pengguna

Cari tahu potensi masalah dalam jaringan, dapat memperbaiki setidaknya yang dasar. Gunakan informasi tersebut untuk memperbaiki jaringan Anda.

Anda harus dapat mengelola pelanggaran keamanan kecil. Memiliki pemahaman dasar tentang cara kerja tindakan keamanan.

Kebutuhan orang-orang di bidang TI tumbuh secara eksponensial. Diharapkan bahwa setidaknya akan ada peningkatan 18% dalam tingkat pekerjaan untuk profesional TI dalam sepuluh tahun ke depan. Ini akan membantu perusahaan jika semua orang di tim mereka dapat berkumpul dan membuat keputusan yang terdidik sepanjang waktu mereka secara online. Hanya dengan melakukan sedikit upaya dapat membuat Anda dan seluruh perusahaan Anda aman dari serangan siber.

Leave a Comment

Your email address will not be published.