Bagaimana Cara Melindungi Seluruh Jaringan Anda dari Serangan Cyber?

Bagaimana Cara Melindungi Seluruh Jaringan Anda dari Serangan Cyber?

Bagaimana Cara Melindungi Seluruh Jaringan Anda dari Serangan Cyber? – nKeamanan siber merupakan cara melindungi sistem, jaringan, dan program dari serangan digital. Serangan siber ini biasanya ditujukan untuk mengakses, mengubah, atau menghancurkan informasi sensitif; memeras uang dari pengguna; atau mengganggu proses bisnis normal.

portknocking – Menerapkan langkah-langkah keamanan siber yang efektif sangat menantang saat ini karena ada lebih banyak perangkat daripada manusia, dan penyerang menjadi lebih inovatif.

Apa yang begitu penting tentang Cyber-Security?

Pendekatan keamanan siber yang sukses memiliki banyak lapisan perlindungan yang tersebar di seluruh komputer, jaringan, program, atau data yang ingin dijaga keamanannya. Dalam sebuah organisasi, orang-orang, proses, dan teknologi semuanya harus saling melengkapi untuk menciptakan pertahanan yang valid dari serangan dunia maya.

Rakyat

Pengguna harus memahami dan mematuhi prinsip-prinsip keamanan data dasar seperti memilih kata sandi yang kuat, waspada terhadap lampiran dalam email, dan mencadangkan data. Pelajari lebih lanjut tentang prinsip-prinsip dasar keamanan siber.

Proses

Organisasi harus memiliki kerangka kerja tentang bagaimana mereka menangani serangan siber yang dicoba dan berhasil. Satu kerangka kerja yang dihormati dapat memandu Anda. Ini menjelaskan bagaimana Anda dapat mengidentifikasi serangan, melindungi sistem, mendeteksi dan merespons ancaman, dan memulihkan dari serangan yang berhasil. Tonton penjelasan video tentang kerangka kerja keamanan siber NIST.

Baca Juga : Keamanan Akses Komputer Jarak Jauh Terbaik

Teknologi

Teknologi sangat penting untuk memberi organisasi dan individu alat keamanan komputer yang dibutuhkan untuk melindungi diri mereka dari serangan siber. Tiga entitas utama harus dilindungi: perangkat titik akhir seperti komputer, perangkat pintar, dan router; jaringan; dan awan. Teknologi konvensional yang digunakan untuk melindungi entitas ini termasuk firewall generasi berikutnya, pemfilteran DNS, perlindungan malware, perangkat lunak antivirus, dan solusi keamanan email.

Mengapa Keamanan Cyber ​​itu penting?

Di WorldWorld yang terhubung saat ini, semua orang mendapat manfaat dari program pertahanan cyber tingkat lanjut. Pada tingkat individu, serangan keamanan siber dapat mengakibatkan segala hal mulai dari pencurian identitas, upaya pemerasan, hingga hilangnya data penting seperti foto keluarga. Semua orang bergantung pada infrastruktur penting seperti pembangkit listrik, rumah sakit, dan perusahaan jasa keuangan. Mengamankan ini dan organisasi lain sangat penting untuk menjaga fungsi masyarakat kita.

Setiap orang juga mendapat manfaat dari pekerjaan peneliti ancaman dunia maya, seperti tim yang terdiri dari 250 peneliti ancaman di Talos, yang menyelidiki ancaman dan strategi serangan dunia maya yang baru dan sedang berkembang. Mereka mengungkapkan kerentanan baru, mendidik publik tentang pentingnya keamanan siber, dan memperkuat alat sumber terbuka. Pekerjaan mereka membuat Internet lebih aman untuk semua orang.

Apa itu Keamanan Siber, dan bagaimana kita bisa mengurangi serangan siber?

Perlindungan Malware

Malware, kependekan dari perangkat lunak berbahaya, adalah jenis perangkat lunak yang dapat meng-ion komputer tanpa persetujuan dari pemilik komputer. Berbagai jenis Malware dapat merusak komputer, seperti virus dan Trojan horse. Istilah ini juga mencakup program berbahaya lainnya, seperti spyware dan ransomware.

Pengetahuan dan pengalaman kami dapat digunakan untuk mengamankan infrastruktur jaringan Anda dari Malware.

Solusi AntiVirus Generasi Selanjutnya

Next-Generation Antivirus (NGAV) adalah perangkat lunak generasi baru yang dibuat untuk menjembatani kesenjangan yang ditinggalkan oleh antivirus tradisional.

Paling tidak, produk antivirus generasi berikutnya harus lebih dari sekadar melakukan deteksi berbasis tanda tangan sekaligus menggabungkan beberapa teknologi canggih.

Sebagian besar NGAV melampaui penggunaan indikator kompromi (IOC) dan metadata seperti tanda tangan virus, alamat IP, hash file, dan URL. NGAV menggunakan teknologi seperti ilmu data tingkat lanjut, pembelajaran mesin, kecerdasan buatan, dan analitik data untuk menemukan pola yang dieksploitasi oleh penyerang.

Next-Generation Firewall ( NGFW) adalah bagian dari teknologi firewall generasi ketiga, menggabungkan firewall tradisional dengan fungsi penyaringan perangkat jaringan lainnya. Jenis-jenis tersebut adalah; seperti firewall aplikasi yang menggunakan inspeksi paket dalam baris (DPI), sistem pencegahan intrusi (IPS). Teknik lain mungkin juga tersedia, seperti inspeksi lalu lintas terenkripsi TLS/SSL, pemfilteran situs web, manajemen QoS/bandwidth, inspeksi antivirus, dan integrasi manajemen identitas pihak ketiga (yaitu LDAP, RADIUS, Active Directory).

Mengamankan DNS – menjadikannya garis Pertahanan pertama Anda

Dikerahkan sebagai lapisan caching DNS virtual di seluruh jaringan Anda, titik layanan DNS Edge mencatat setiap permintaan dan respons DNS untuk setiap Klien di sistem – tidak diperlukan agen. Itu berarti tim keamanan siber mendapatkan visibilitas ke maksud setiap perangkat dan dapat menerapkan analitik canggih dan cerdas untuk mengidentifikasi pola perilaku berbahaya seperti eksfiltrasi data, tunneling, dan Domain Generating Algorithms (DGA).

Perlindungan dan Mitigasi terhadap Ancaman Lanjutan

Advanced Persistent Threats (APT) adalah serangan canggih, terdiri dari banyak komponen yang berbeda, termasuk alat penetrasi (pesan spear-phishing, eksploitasi, dll.), mekanisme propagasi jaringan, spyware, alat untuk penyembunyian (root/boot kit) dan lainnya, seringkali canggih teknik, semua dirancang dengan satu tujuan: akses tidak terdeteksi ke informasi sensitif.
APT menargetkan data sensitif apa pun; Anda tidak perlu menjadi lembaga pemerintah, lembaga keuangan besar atau perusahaan energi untuk menjadi korban. Bahkan organisasi ritel kecil memiliki informasi rahasia klien dalam catatan; bank kecil mengoperasikan platform layanan jarak jauh untuk pelanggan dan bisnis dari semua ukuran memproses dan menyimpan informasi pembayaran yang berbahaya di tangan yang salah. Sejauh menyangkut penyerang, ukuran tidak masalah: ini semua tentang data. Bahkan perusahaan kecil pun rentan terhadap APT – dan membutuhkan strategi untuk memitigasinya.

Otentikasi Multi-Faktor

Otentikasi multi-faktor (MFA) adalah metode otentikasi di mana pengguna komputer diberikan akses hanya setelah berhasil menyajikan dua atau lebih bukti (atau faktor) ke mekanisme otentikasi: pengetahuan (sesuatu yang diketahui pengguna dan hanya pengguna), kepemilikan (sesuatu yang dimiliki pengguna dan hanya pengguna), dan inheren (sesuatu yang dimiliki pengguna dan hanya pengguna).
MFA sangat sering digunakan di Edge atau Lingkungan Jaringan, tetapi juga dapat digunakan di dalam untuk melindungi data dan sumber daya yang berharga.

NAC – Kontrol Penerimaan Jaringan

Network Access Control (NAC) adalah solusi jaringan komputer yang menggunakan seperangkat protokol untuk menentukan dan menerapkan kebijakan yang menjelaskan cara mengamankan akses ke node jaringan oleh perangkat ketika mereka awalnya mencoba mengakses jaringan. NAC mungkin mengintegrasikan proses remediasi otomatis (memperbaiki node yang tidak sesuai sebelum mengizinkan akses) ke dalam infrastruktur jaringan.
NAC bertujuan untuk mengontrol lalu lintas, persis seperti namanya—mengontrol akses ke jaringan dengan kebijakan, termasuk pemeriksaan kebijakan keamanan titik akhir pra-masuk dan kontrol pasca-penerimaan di mana pengguna dan perangkat dapat menggunakan sistem dan apa yang dapat mereka lakukan.

WAF – Firewall Aplikasi Web

Firewall Aplikasi Web (atau WAF) memfilter, memantau, dan memblokir lalu lintas HTTP ke dan dari aplikasi web. WAF dibedakan dari firewall biasa karena WAF dapat memfilter konten aplikasi web tertentu sementara firewall yang tepat berfungsi sebagai gerbang pengaman antar server. Dengan memeriksa lalu lintas HTTP, ini dapat mencegah serangan yang berasal dari kelemahan keamanan aplikasi web, seperti injeksi SQL, skrip lintas situs (XSS), penyertaan file, dan kesalahan konfigurasi keamanan.

Solusi Gateway Menghadap Internet

Secure Web Gateway adalah solusi keamanan yang menolak lalu lintas web yang tidak aman/mencurigakan masuk atau keluar dari jaringan internal perusahaan suatu organisasi. Perusahaan menerapkan Secure Web Gateway untuk mengamankan karyawan mereka agar tidak terinfeksi oleh lalu lintas web yang terinfeksi malware untuk melawan ancaman yang berasal dari Internet. Ini juga memungkinkan organisasi untuk mematuhi kebijakan peraturan organisasi. Ini fitur pemfilteran URL, pencegahan kebocoran data, deteksi kode virus/malware dan kontrol tingkat aplikasi.

Pemindaian Kerentanan

Pemindai Kerentanan adalah program komputer yang dirancang untuk menilai komputer, jaringan, atau aplikasi untuk mengetahui kelemahannya. Dengan kata sederhana, pemindai ini digunakan untuk menemukan kekurangan dari sistem yang diberikan. Mereka digunakan dalam identifikasi dan deteksi kerentanan yang timbul dari kesalahan konfigurasi atau pemrograman yang cacat dalam aset berbasis jaringan seperti firewall, router, server web, server aplikasi, dll.

Audit dan Pemantauan

Sangat penting untuk mengetahui pada waktu tertentu apa yang terjadi dengan jaringan dan perangkat Anda. Alat diperlukan untuk secara otomatis menemukan semua yang perlu Anda ketahui tentang infrastruktur jaringan Anda dan memberikan Pemantauan, peringatan, dan grafik yang Anda butuhkan untuk mempertahankan ketersediaan tinggi. Di awal setiap proyek, kami akan melakukan audit untuk memiliki wawasan pengetahuan lingkungan untuk memberikan solusi terbaik kepada Klien.

Leave a Comment

Your email address will not be published.