Tren Keamanan Jaringan Komputer untuk 2022

Tren Keamanan Jaringan Komputer untuk 2022 – Teknologi jaringan komputer terus berkembang dengan cara yang baru dan menarik. Berikut adalah lima area dan tren terpenting yang harus diperhatikan di tahun mendatang.

  1. Gadget IoT

portknocking – Pada tahun 2022, berbagai produk yang terhubung ke internet akan bersaing untuk mendapatkan perhatian Anda. Internet of Things (IoT) adalah nama lain untuk item “berkabel” ini dan beberapa kategori akan sangat menarik untuk ditonton:

Dapat dipakai. Anda kemungkinan akan melihat peningkatan operasional, termasuk kecepatan pemrosesan dan masa pakai baterai. Jam tangan akan terus fokus pada pelacakan kesehatan dan kebugaran. Dan, mungkinkah ini tahun Google mengeluarkan perangkat yang dapat dikenakan Pixel?

Perhatikan hal-hal seperti mug pintar yang dikontrol suhunya, microwave yang dapat Anda perintahkan dengan suara Anda, blender yang mengetahui jumlah bahan yang tepat untuk ditambahkan, dan pengenalan makanan yang lebih baik di lemari es yang terhubung.

Bola lampu yang lebih pintar . Waspadai Wi-Fi atau Bluetooth dan harapkan peningkatan tambahan dalam kualitas bohlam, opsi pemrograman, dan kemudahan integrasi.

Aplikasi publik. Selain peralatan di rumah kita, fungsionalitas IoT akan lebih banyak muncul di toko, restoran, dan lokasi kota.

Seiring dengan inovasi ini, harapkan masalah keamanan yang menyertainya. Banyak yang takut akan risiko privasi yang menyertai perangkat IoT, mengingat akses mereka ke rumah, aktivitas, dan data pribadi pengguna.

  1. Lebih Banyak Hype Lebih Dari 5G

Meskipun jaringan seluler 4G LTE tidak menjangkau banyak bagian dunia (dan tidak akan menjangkau selama bertahun-tahun), industri telekomunikasi telah bekerja keras mengembangkan teknologi komunikasi seluler 5G generasi berikutnya.

5G diatur untuk meningkatkan kecepatan koneksi seluler secara dramatis. Namun, seberapa cepat konsumen mengharapkan koneksi ini berjalan dan kapan mereka dapat membeli perangkat 5G mungkin tidak diketahui sampai standar teknis industri ditetapkan.

Namun, seperti ketika 4G awalnya dikembangkan, perusahaan tidak menunggu untuk mengiklankan upaya 5G mereka. Para peneliti akan terus menguji versi prototipe dari apa yang mungkin menjadi bagian dari jaringan 5G standar. Sementara laporan dari pengujian ini akan menggembar-gemborkan kecepatan data maksimum banyak gigabit per detik ( Gbps ), konsumen seharusnya juga tertarik dengan janji peningkatan jangkauan sinyal dengan 5G.

Beberapa vendor pasti akan mulai memasang kembali teknologi ini ke dalam instalasi 4G mereka, jadi carilah produk “4.5G” dan “pra-5G” (dan klaim pemasaran yang membingungkan yang sejalan dengan label yang tidak jelas ini) untuk segera muncul di tempat kejadian.

  1. IPv6

Internet Protocol Version 6 (IPv6) suatu hari akan menggantikan sistem pengalamatan Internet Protocol tradisional yang kita kenal, IPv4. Laman Adopsi IPv6 Google menggambarkan secara kasar seberapa cepat kemajuan penerapan IPv6. Seperti yang ditunjukkan, laju peluncuran IPv6 terus meningkat sejak 2013 tetapi akan membutuhkan lebih banyak tahun untuk mencapai penggantian penuh IPv4. Pada tahun 2022, berharap untuk melihat IPv6 lebih sering disebutkan dalam berita, terutama yang berkaitan dengan jaringan komputer bisnis.

IPv6 menguntungkan semua orang baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan bertambahnya jumlah ruang alamat IP yang tersedia untuk mengakomodasi jumlah perangkat yang hampir tidak terbatas, penyedia internet akan lebih mudah mengelola akun pelanggan. IPv6 juga menambahkan perbaikan lain yang meningkatkan efisiensi dan keamanan manajemen lalu lintas TCP/IP di internet. Mereka yang mengelola jaringan rumah harus mempelajari gaya baru notasi alamat IP .

Baca Juga : Keamanan Internet: Apa itu Sistem Pencegahan Intrusi?

  1. AI Akan Terus Berkembang

Kemampuan sistem komputer seperti Deep Blue untuk bermain catur di tingkat juara dunia membantu melegitimasi kecerdasan buatan (AI) beberapa dekade yang lalu. Sejak itu, kecepatan pemrosesan komputer dan kemampuan untuk mengeksploitasinya telah berkembang pesat.

Salah satu penghalang utama untuk kecerdasan buatan yang lebih umum adalah keterbatasan kemampuan sistem AI untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan dunia luar. Dengan kecepatan nirkabel yang jauh lebih cepat yang tersedia saat ini, dimungkinkan untuk menambahkan sensor dan antarmuka jaringan ke sistem AI yang akan memungkinkan aplikasi baru yang mengesankan.

Perhatikan aplikasi di industri perawatan kesehatan dan manufaktur. Juga, cari cara baru untuk membangun kepercayaan dan keamanan AI.

  1. SD-WAN

Jaringan area luas yang ditentukan perangkat lunak (SD-WAN) adalah teknologi jaringan yang menawarkan fleksibilitas lebih besar bagi perusahaan daripada sistem WAN sebelumnya. Sementara WAN tradisional memungkinkan bisnis dengan beberapa lokasi untuk memberi karyawan akses ke data, file, dan aplikasi di kantor pusat melalui multiprotocol label switching (MPLS), SD-WAN mengambil proses itu selangkah lebih maju, menggunakan Long Term Evolution (LTE) dan layanan internet broadband untuk menyediakan akses. SD-WAN menambahkan aplikasi berbasis cloud ke dalam campuran, yang memungkinkan karyawan untuk mengakses program skala perusahaan dari jarak jauh seperti Salesforce, Amazon Web Services, dan Microsoft 365.

Teknologi ini masih relatif baru, sehingga pelanggan dan penyedia telah bereksperimen untuk memahami cara terbaik menggunakan inovasi ini untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan kelincahan bisnis, dan meningkatkan keamanan. Tapi, sekarang sudah tersedia selama beberapa tahun, SD-WAN kemungkinan akan menjadi norma baru.

Leave a Comment

Your email address will not be published.