Apa Itu Keamanan Jaringan?

Apa Itu Keamanan Jaringan? – Keamanan jaringan adalah istilah luas yang mencakup banyak teknologi, perangkat, dan proses. Sederhananya, seperangkat aturan dan konfigurasi yang dirancang untuk melindungi integritas, kerahasiaan, dan aksesibilitas jaringan komputer dan data menggunakan teknologi perangkat lunak dan perangkat keras. Semua organisasi, terlepas dari ukuran, industri, atau infrastruktur, memerlukan solusi keamanan jaringan untuk melindungi mereka dari lanskap ancaman dunia maya yang terus berkembang di alam liar saat ini.

Apa Itu Keamanan Jaringan?

portknocking – Arsitektur jaringan saat ini menghadapi lingkungan ancaman yang sangat kompleks dan selalu berubah di mana penyerang terus-menerus menemukan dan mengeksploitasi kerentanan. Kerentanan ini dapat terjadi di banyak area, termasuk perangkat, data, aplikasi, pengguna, dan lokasi. Akibatnya, banyak alat dan aplikasi manajemen keamanan jaringan yang digunakan saat ini untuk mengatasi ancaman individu, eksploitasi, dan pelanggaran peraturan. Ketika downtime hanya beberapa menit dapat menyebabkan gangguan yang meluas dan kerusakan besar pada laba dan reputasi organisasi, tindakan perlindungan ini harus dilakukan.

Baca Juga : Mengakses Komputer Dari Jaringan Pengaturan Kebijakan Keamanan

Bagaimana cara kerja keamanan jaringan?

Ada banyak lapisan yang perlu dipertimbangkan dalam hal keamanan jaringan perusahaan. Serangan dapat terjadi pada setiap lapisan model lapisan keamanan jaringan, sehingga perangkat keras, perangkat lunak, dan kebijakan keamanan jaringan harus dirancang untuk mencakup setiap area.

Keamanan jaringan biasanya terdiri dari tiga kontrol berbeda: fisik, teknis, dan administratif. Di bawah ini adalah deskripsi singkat tentang berbagai jenis keamanan jaringan dan cara kerja setiap kontrol.

Keamanan Jaringan Fisik

Kontrol keamanan fisik dirancang untuk mencegah personel yang tidak berwenang mendapatkan akses fisik ke komponen jaringan seperti router, lemari kabel, dan sebagainya. Akses terkontrol, seperti kunci, autentikasi biometrik, dan perangkat lain, sangat penting dalam organisasi mana pun.

Keamanan Jaringan Teknis

Kontrol keamanan teknis melindungi data yang disimpan di jaringan atau yang sedang transit, masuk atau keluar jaringan. Perlindungan ada dua; itu perlu melindungi data dan sistem dari personel yang tidak berwenang, dan juga perlu melindungi dari aktivitas jahat dari karyawan.

Keamanan Jaringan Administratif

Kontrol keamanan administratif terdiri dari kebijakan dan proses keamanan yang mengontrol perilaku pengguna, termasuk bagaimana pengguna diautentikasi, tingkat akses mereka, dan juga bagaimana anggota staf TI menerapkan perubahan pada infrastruktur.

Jenis keamanan jaringan

Kami telah berbicara tentang berbagai jenis kontrol keamanan jaringan. Sekarang mari kita lihat beberapa cara berbeda untuk mengamankan jaringan Anda.

Kontrol Akses Jaringan

Untuk memastikan bahwa penyerang potensial tidak dapat menyusup ke jaringan Anda, kebijakan kontrol akses yang komprehensif harus diterapkan untuk pengguna dan perangkat. Kontrol akses jaringan (NAC) dapat diatur pada tingkat yang paling terperinci. Misalnya, Anda dapat memberi administrator akses penuh ke jaringan tetapi menolak akses ke folder rahasia tertentu atau mencegah perangkat pribadi mereka bergabung dengan jaringan.

Perangkat Lunak Antivirus dan Antimalware

Perangkat lunak antivirus dan antimalware melindungi organisasi dari berbagai perangkat lunak berbahaya, termasuk virus, ransomware, worm, dan trojan. Perangkat lunak terbaik tidak hanya memindai file saat masuk ke jaringan tetapi terus memindai dan melacak file.

Perlindungan Firewall

Firewall, seperti namanya, bertindak sebagai penghalang antara jaringan eksternal yang tidak tepercaya dan jaringan internal tepercaya Anda. Administrator biasanya mengonfigurasi seperangkat aturan yang ditentukan yang memblokir atau mengizinkan lalu lintas ke jaringan. Misalnya, Next Generation Firewall (NGFW) Forcepoint menawarkan kontrol lalu lintas jaringan yang mulus dan terkelola secara terpusat, baik itu fisik, virtual, atau di cloud.

Jaringan Pribadi Virtual

Jaringan pribadi virtual (VPN) membuat koneksi ke jaringan dari titik akhir atau situs lain. Misalnya, pengguna yang bekerja dari rumah biasanya akan terhubung ke jaringan organisasi melalui VPN. Data antara dua titik dienkripsi dan pengguna perlu mengautentikasi untuk memungkinkan komunikasi antara perangkat mereka dan jaringan. Secure Enterprise SD-WAN dari Forcepoint memungkinkan organisasi membuat VPN dengan cepat menggunakan drag and drop dan untuk melindungi semua lokasi dengan solusi Next Generation Firewall kami.

Keamanan Jaringan Untuk Bisnis Dan Konsumen

Keamanan jaringan harus menjadi prioritas tinggi untuk setiap organisasi yang bekerja dengan data dan sistem jaringan. Selain melindungi aset dan integritas data dari eksploitasi eksternal, keamanan jaringan juga dapat mengelola lalu lintas jaringan secara lebih efisien, meningkatkan kinerja jaringan, dan memastikan pembagian data yang aman antara karyawan dan sumber data.

Ada banyak alat, aplikasi, dan utilitas yang tersedia yang dapat membantu Anda mengamankan jaringan dari serangan dan waktu henti yang tidak perlu. Forcepoint menawarkan rangkaian solusi keamanan jaringan yang memusatkan dan menyederhanakan proses yang seringkali rumit dan memastikan keamanan jaringan yang kuat diterapkan di seluruh perusahaan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *