5 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Komputer Anda Diretas!

5 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Komputer Anda Diretas! – Anda mungkin benar jika komputer atau ponsel Anda bertingkah aneh dan Anda curiga Anda telah diretas atau terinfeksi virus. Menurut sebuah studi Duke University, setidaknya 80% dari semua perusahaan yang berbasis di AS telah mengalami serangan. Apalagi jumlah itu hanya akan meningkat. Pelanggaran ini, rata-rata, merugikan organisasi AS rata-rata $3,86 juta, menurut audit keamanan IBM.

5 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Komputer Anda Diretas!

portknocking – Ketika peretas menargetkan organisasi bisnis, mereka mengejar data pribadi dan keuangan, rahasia dagang, dan mengakses informasi untuk memeras korban atau melanggar data sensitif. Misalnya, pada tahun 2017, HBO menjadi target peretas yang mencuri ribuan dokumen internal. Misalkan PC Anda telah diretas atau terinfeksi malware. Dalam hal ini, Anda harus mengambil tindakan cepat untuk melindungi informasi Anda dan mencegah serangan menyebar melalui jaringan digital dan profesional Anda. Ini adalah tiga langkah yang perlu Anda ambil segera ketika komputer Anda telah diretas.

Baca Juga : 5 Hal Yang Sering Diabaikan Saat Mengamankan Jaringan

  1. Karantina PC Anda

LifeWire menyarankan Anda mengisolasi komputer yang terinfeksi sesegera mungkin. Selama Anda terhubung ke internet, peretas memiliki akses ke perangkat dan direktorinya. Anda tidak perlu memotong kabel jaringan. Sebagai gantinya, cabut komputer Anda dari jaringan dan hindari koneksi nirkabel atau fisik apa pun. Tujuannya adalah untuk mencegah penyebaran virus!

Pastikan Anda sedang offline dan matikan semua koneksi Wi-Fi, baik perangkat lunak maupun perangkat keras. Beberapa laptop bahkan memiliki sakelar untuk ini. Mengapa memutuskan perangkat keras? Perangkat lunak peretasan itu canggih dan dapat membuat komputer Anda seolah-olah Anda terputus. Pada saat yang sama, malware terus mendatangkan malapetaka di latar belakang.Semakin penting untuk memastikan bahwa data sensitif Anda dienkripsi dan perangkat Anda dilindungi oleh perangkat lunak manajemen keamanan. Fitur seperti pelacakan perangkat, pengambilan file, dan penghapusan jarak jauh menambah lapisan keamanan terhadap peretas dan pencuri.

  1. Ubah kata sandi Anda

Menurut Betterbuys, “hanya butuh lima jam untuk menguraikan kata sandi yang panjangnya enam karakter.” Memilih kata sandi dengan setidaknya 12 karakter akan membutuhkan waktu berabad-abad untuk dipecahkan. Pertama, Anda perlu mengubah kata sandi akses PC Anda. Kemudian, ubah semua kata sandi Anda menggunakan komputer atau email ponsel cerdas yang tidak terpengaruh, jejaring sosial, langganan, dll. Setiap layanan yang Anda akses menyimpan informasi berharga, termasuk tagihan dan data pribadi.

Menurut CybInt, 95% pelanggaran disebabkan oleh kesalahan manusia. Artinya, Anda dapat secara tidak sadar memberikan informasi pengenal yang cukup bagi peretas untuk menebak kata sandi Anda. Ini juga bisa berarti bahwa Anda salah menjalankan program atau dokumen yang terinfeksi yang berisi malware. Verizon menemukan bahwa 45% pelanggaran menampilkan peretasan, 17% melibatkan malware, dan 22% melibatkan phishin
Berapa banyak akun Anda yang menggunakan kata sandi atau variasi yang sama? Satu kata sandi bisa cukup untuk memberikan akses ke semua jenis akun. Jadi periksa kembali kekuatannya dan pikirkan baik-baik. Menurut CyberSecurity & Infrastructure Security Agency (CISA), ada beberapa kriteria yang harus Anda ikuti saat membuat kata sandi yang aman.

Itu harus antara 8 dan 64 karakter (semakin lama, semakin baik). Seharusnya tidak menyertakan informasi pribadi, seperti nama Anda, tanggal lahir Anda, atau nama perusahaan Anda. Berkreasilah dengannya, dan bersenang-senanglah! Itu harus berbeda dari yang sebelumnya dan dari kata sandi Anda yang lain. Jika memungkinkan, jangan sertakan kata-kata yang lengkap. Gunakan teknik mnemonik dan memori. Misalnya, alih-alih menggunakan “lingkaran”, coba “IlTpbb” untuk “[I] [l]ike [T]o [p]lay [b]asket[b]all.” Buat menggunakan karakter dari keempat kategori: lebih rendah dan huruf besar, angka, dan simbol. Menggunakan pengelola kata sandi membuat perubahan kata sandi menjadi mudah dan juga memberi Anda manfaat keamanan tambahan seperti Otentikasi Dua Faktor dan mengeluarkan kata sandi sementara.

  1. Lepaskan hard drive eksternal

Jika Anda memiliki perangkat flash USB dan hard disk eksternal yang terhubung ke PC Anda, pastikan Anda melepaskannya dari perangkat Anda. Jangan lupa untuk “mengeluarkan” mereka terlebih dahulu. (Pilih folder yang relevan dan kemudian klik “keluarkan.”) Jika Anda yakin telah diretas, Anda juga harus menghapus hard disk komputer Anda. Cadangkan file apa pun yang Anda miliki (Anda bahkan dapat menyimpannya ke cloud, seperti Google Drive, atau mengirim file kecil melalui email ke diri Anda sendiri); matikan semua sumber daya, lalu lepaskan hard drive setelah komputer dimatikan. Penempatannya akan berbeda tergantung pada merek atau modelnya, jadi periksalah manualnya (hard copy atau online) atau, jika Anda tidak nyaman melakukannya, mintalah bantuan spesialis TI.

  1. Bersihkan hard drive Anda (jika perlu)

Jika Anda menemukan virus atau peretasan, Anda harus menghapus hard drive Anda dan menginstal ulang sistem operasi Anda. Menyeka berarti menghapus total, jadi perlu diingat bahwa semua yang Anda hapus akan hilang selamanya kecuali Anda mencadangkannya terlebih dahulu. Jangan menghapus file secara manual: mereka akan tetap ada di suatu tempat di hard disk Anda. Sebagai gantinya, lakukan penghapusan dengan perangkat lunak yang dapat diunduh. Penghapusan, seperti pemindaian virus, akan memberi tahu Anda jika sudah selesai seluruhnya.

  1. Peringatkan mereka yang terhubung dengan Anda

Peretas akan mencoba menyebar dengan melanggar individu dan menargetkan jaringan mereka. Alasannya sederhana. Teman Anda lebih cenderung membuka pesan dari Anda tanpa berpikir dua kali. Oleh karena itu, peretas menggunakan email Anda untuk mengirim pesan yang berpura-pura menjadi Anda. Jadi sebelum Anda mengirim virus ke keluarga, teman, dan rekan kerja Anda. Berikan perhatian. Lindungi kelompok inti Anda dan segera beri tahu mereka untuk menghindari penyebaran serangan.

Kesimpulan: Bersiaplah Untuk Bertindak

Pencegahan adalah landasan keamanan virtual dan pertahanan terbaik terhadap peretas. Pastikan Anda selalu:

  • Matikan komputer saat tidak digunakan
  • Simpan file yang masuk akal di HDD portabel
  • Perbarui sistem operasi dan perangkat lunak antivirus Anda
  • Jangan lupa untuk mengenkripsi data Anda.

Kiat-kiat ini praktis dan sangat mudah diterapkan.

Kejahatan dunia maya adalah ancaman nyata, dan langkah-langkah yang diuraikan di sini hanyalah strategi cepat untuk menanggapi peretas setelah mereka menginfeksi komputer Anda. Tetapi Anda harus bersiap jauh sebelum titik ini dengan mempraktikkan kebersihan keamanan siber yang baik. Kalahkan para hacker. Satu aplikasi, satu akun, dan satu hub online untuk menemukan kunci. Dan amankan semua gadget Anda. Dapatkan mangsa. Jika Anda bertindak cukup cepat, Anda akan memiliki keuntungan utama yang membuat semua perbedaan ketika mencoba memulihkan file Anda dan meminimalkan kerusakan. Saatnya bersiap-siap!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *