6 Tips Mengelola Jaringan Komputer Yang Aman

6 Tips Mengelola Jaringan Komputer Yang Aman – Dengan dunia informasi digital yang meledak dalam popularitas di setiap bagian dunia, pekerjaan baru diciptakan setiap hari di lapangan untuk memenuhi permintaan konsumen.

6 Tips Mengelola Jaringan Komputer Yang Aman

portknocking – Ada banyak karir penting yang berkaitan dengan cyber dan keamanan jaringan , dengan ruang untuk pindah ke posisi yang lebih maju atau bahkan manajemen. Di bidang ini, tugas utama Anda adalah memastikan bahwa jaringan yang digunakan untuk mentransfer informasi digital aman dari ancaman eksternal. Studi Anda akan mencakup hukum dunia maya, administrasi basis data komputer, pemrograman dan logika komputer, dan prinsip-prinsip manajemen dasar.

Baca Juga : Strategi Keamanan IoT Dari Perusahaan Menggunakan Perangkat Yang Terhubung

Sekarang mari kita lihat beberapa cara agar keamanan jaringan Anda tetap utuh dan terlindungi dari ancaman luar:

  1. Gunakan Titik Jaringan Nirkabel Terenkripsi

Sering ditemukan bahwa bahkan bisnis besar lupa untuk menjaga jaringan mereka terlindungi dari serangan eksternal yang dapat mencuri informasi yang berkaitan dengan lalu lintas jaringan dan menyebabkan jenis kerusakan lain pada sistem. Menggunakan jaringan terenkripsi akan membantu memastikan bahwa informasi di jaringan Anda terlindungi sehingga tidak sembarang orang dapat meretas dan membuat kekacauan. Memiliki jaringan terenkripsi menambahkan lapisan keamanan ekstra yang dapat membuat semua perbedaan pada keamanan sistem.

  1. Lacak Pengguna dan Perangkat

Pastikan untuk menginstal sistem perangkat monitor dan peringatan yang dapat memperingatkan Anda jika perangkat digunakan tanpa izin. Anda juga perlu menemukan cara untuk mengidentifikasi port mana yang dicolokkan ke jenis perangkat mana dalam jaringan. Banyak panduan tersedia untuk melacak host jaringan. Banyak panduan terbaru yang sepenuhnya otomatis. Mereka hanya perlu dikonfigurasi dan dinyalakan sekali untuk memberikan peringatan jika perangkat yang tidak dikenal dicolokkan ke sistem.

  1. Simpan Kata Sandi yang Kuat

Kesalahan kecil lainnya yang dilakukan oleh banyak profesional berpengalaman adalah menggunakan kata sandi sederhana yang dapat dengan mudah ditebak. Kata sandi yang kuat dapat melakukan banyak hal untuk menjaga keamanan sistem. Ada jenis perangkat lunak tertentu yang sering digunakan oleh peretas yang memiliki kemampuan untuk memasukkan beberapa konfigurasi kata dalam hitungan detik, jadi menggunakan kata sandi sederhana yang berkaitan dengan memori Anda akan memberikan keuntungan bagi peretas. Hindari menggunakan kata-kata yang dapat ditemukan dalam kamus. Coba tambahkan angka dan simbol untuk menjaga agar sandi cukup rumit. Ini juga merupakan praktik yang baik untuk mengubah kata sandi setiap 60 hingga 90 hari, dan tentu saja, hindari menyebutkan kata sandi di tempat umum di mana Anda dapat didengar.

  1. Pertahankan Inventaris

Penting untuk menyimpan inventaris semua perangkat yang saat ini digunakan oleh jaringan. Daftar ini akan berguna untuk memeriksa dengan cepat untuk melihat apakah perangkat tertentu yang terdeteksi adalah bagian yang sah dari sistem atau ditempatkan di sana oleh orang luar. Juga, periksa daftar untuk memeriksa perangkat mana yang membawa perangkat lunak yang membawa konfigurasi keamanan lemah yang perlu diperkuat fitur keamanannya.

  1. Lakukan Pengujian Keamanan

Itu selalu merupakan praktik yang baik untuk mengadakan pengujian rutin sistem jaringan Anda untuk mengawasi titik-titik lemah, yang memerlukan perhatian pakar keamanan. Melakukan latihan ini secara teratur akan berfungsi sebagai tindakan pencegahan terhadap potensi masalah alih-alih bereaksi setelah serangan terjadi dan berhasil. Buat daftar masalah yang pernah dialami sistem jaringan di masa lalu dan pastikan masalah tersebut tidak terjadi lagi.

  1. Hindari Menggunakan Perangkat Lunak Tidak Dikenal

Internet penuh dengan perangkat lunak bebas dan terbuka yang dapat diunduh dalam hitungan menit. Anda mungkin tergoda untuk mengunduh perangkat lunak semacam itu, tetapi ingat bahwa menambahkan malware sangat mudah, yang dapat merusak komputer Anda dan juga seluruh jaringan. Jika Anda merasa sistem Anda memerlukan beberapa bentuk perangkat lunak baru untuk pekerjaan Anda, konsultasikan dengan departemen TI perusahaan Anda. Mereka kemungkinan besar akan dapat memberikan saran tentang perangkat lunak terbaik untuk digunakan yang dapat diunduh dengan andal.

Secara umum, adalah praktik yang baik untuk mengadakan pertemuan rutin. Perbarui dan beri tahu karyawan tentang jenis serangan malware terbaru dan perangkat lunak mencurigakan yang tersedia di internet yang perlu diwaspadai. Ada banyak jenis perangkat lunak antivirus juga tersedia yang secara otomatis memperingatkan Anda jika situs yang Anda rencanakan untuk mengunduh perangkat lunak tidak dapat dipercaya dan menimbulkan ancaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *