Apa Saja Jenis Perangkat Keamanan Jaringan

Apa saja jenis Perangkat Keamanan Jaringan – Di blog sebelumnya , kami menjelajahi berbagai konsep yang terkait dengan keamanan jaringan. Jika Anda belum melakukannya, kami sangat menyarankan untuk membaca blog itu terlebih dahulu, karena blog ini akan memberi Anda pemahaman dasar tentang keamanan jaringan sebelum Anda dapat menyelami perangkat keamanan jaringan. Jika Anda telah melewatinya, baca terus untuk mengetahui jenis perangkat keamanan jaringan yang ada di pasaran saat ini, dan jenis ancaman keamanan yang dapat diatasi oleh masing-masing perangkat. – portknocking

Apa Saja Jenis Perangkat Keamanan Jaringan

Firewall

Firewall adalah perangkat keamanan jaringan yang memantau dan ‘menyusun’ lalu lintas jaringan berdasarkan seperangkat aturan yang kaku. Firewall membangun dinding pelindung antara jaringan pribadi internal Anda dan internet global. Seperti yang akan segera kita lihat, firewall dapat berupa aplikasi perangkat lunak dan perangkat keras. Firewall perangkat keras dapat melayani berbagai tujuan bersama dengan perlindungan jaringan, seperti menetapkan alamat IP pengidentifikasi secara dinamis ke perangkat yang ada di jaringan.

Baca Juga : 6 Tips Mengelola Jaringan Komputer Yang Aman

Firewall digunakan di ‘batas’ jaringan pribadi untuk mencegah akses tidak sah melalui internet. Semua pesan masuk dan keluar dipindai oleh firewall sebelum dapat meninggalkan atau memasuki jaringan pribadi. Selama pemindaian, firewall melewati pesan (juga disebut sebagai paket jaringan) melalui daftar periksa keamanan, yang pada dasarnya adalah daftar aturan yang memenuhi syarat pesan sebagai aman. Hanya jika sebuah pesan mencentang semua kotak, pesan tersebut diizinkan untuk diteruskan.

Firewall Perangkat Keras

Firewall perangkat keras adalah produk yang berdiri sendiri. Mereka terhubung ke perangkat di jaringan melalui port, di mana setiap firewall memiliki setidaknya empat. Organisasi berskala besar dapat memilih perangkat firewall kelas atas dengan beberapa port lagi dan mekanisme keamanan tingkat lanjut.

Perangkat Lunak Firewall

Firewall perangkat lunak adalah program yang Anda instal di komputer Anda. Mereka memiliki opsi yang dapat dikonfigurasi yang membantu Anda mengatur firewall Anda untuk keamanan maksimum. Perangkat lunak ini memonitor semua paket jaringan yang Anda unggah / unduh melalui internet.

Anti Virus

Antivirus adalah program perangkat lunak yang dapat mendeteksi dan menghapus malware dan program perangkat lunak lain yang mengancam. Awalnya, program antivirus hanya dapat memerangi virus. Tapi sekarang, mereka memberikan keamanan terhadap worm, Trojans, ransomware dan spywares, dll. Beberapa solusi antivirus juga dapat mencegah upaya phishing yang mencoba masuk melalui email. Idealnya, perangkat / alat keamanan jaringan Anda harus menangkap ancaman keamanan yang menembus dari sumber mana pun, dan itu termasuk program jahat serta malware dari email.

Perangkat Penyaringan Konten

Perangkat pemfilteran konten digunakan untuk menyaring konten online yang berpotensi mengancam dan menyinggung. Ini termasuk email masuk, spam konstan, dan bahkan situs web. Seperti namanya, perangkat tersebut memindai konten konten online dan memverifikasi keamanannya dengan melewatkannya melalui daftar hitam kata-katanya sendiri. Beberapa CFD juga dapat menyimpan situs spam dan domain email terkenal dan memperingatkan Anda sebelumnya sebelum Anda berinteraksi dengan mereka.

Perangkat ini memunculkan kesalahan “Access Denied” ketika ada yang mencoba mengakses konten yang tidak diverifikasi dan mungkin berbahaya. Konfigurasi dasar perangkat keamanan jaringan ini memblokir konten pornografi atau kebencian. Namun selain itu, organisasi Anda juga dapat memblokir produk yang menjual spam dan buletin yang tidak diinginkan.

Sistem Deteksi Intrusi

Sistem Deteksi Intrusi, sering juga disebut Sistem Deteksi dan Pencegahan Intrusi, adalah perangkat yang memantau aktivitas jahat dalam jaringan, membuat log aktivitas tersebut, dan jika ada bagian dari rangkaian fiturnya, ambil langkah untuk menghentikannya. Paling tidak, IDS akan memberi Anda laporan mendalam tentang aktivitas jaringan Anda. Dengan menggunakan laporan ini, Anda dapat mengambil tindakan untuk meningkatkan keamanan jaringan Anda.

Sistem deteksi intrusi aktif (IDPS) membantu dalam meningkatkan alarm jika paket jaringan berbahaya mencoba merusak jaringan Anda, menjatuhkan paket secara paksa, dan mengatur ulang koneksi saluran jaringan untuk mencegah jaringan Anda memblokir semua lalu lintas jaringan yang valid berikutnya. Jika Anda mencari mitra keamanan yang dapat mengelola perangkat keamanan jaringan Anda dan memeras keamanan maksimum dari mereka, tidak perlu mencari lagi.

Logix menyediakan keamanan jaringan melalui firewall dan layanan keamanan titik akhir untuk melindungi perangkat Anda. Kami telah bermitra dengan pelopor keamanan jaringan, seperti Cisco, Sophos, Fortinet, Trend Micro, dan McAfee untuk menyediakan koneksi jaringan yang aman ke perangkat jarak jauh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *