Pengenalan Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Pengenalan Jenis-Jenis Jaringan Komputer – Dua atau lebih komputer yang terhubung yang dapat berbagi data, sumber daya, dan aplikasi disebut jaringan komputer. Jaringan komputer kritis diklasifikasikan menjadi empat jenis berdasarkan ukuran dan fungsinya.

Pengenalan Jenis-Jenis Jaringan Komputer

portknocking – Mereka adalah LAN, MAN, PAN, dan WAN. LAN adalah singkatan dari Local Area Network, MAN adalah singkatan dari Metropolitan Area Network, Personal Area Network disingkat PAN, dan WAN digunakan sebagai Wide Area Network. PAN selanjutnya dibagi menjadi jaringan area pribadi kabel dan jaringan area pribadi nirkabel. Ada banyak aplikasi berbasis jaringan komputer, dan setiap jaringan yang tersebar luas memiliki fungsi unik yang diimplementasikan dengan baik untuk tujuan yang efektif.

Baca Juga : Apa saja jenis Perangkat Keamanan Jaringan

Jenis Jaringan Komputer

Sebuah jaringan komputer dapat dikategorikan berdasarkan ukurannya. Jaringan komputer terutama terdiri dari empat jenis:

  • LAN (Jaringan Area Lokal)
  • PAN (Jaringan Area Pribadi)
  • MAN (Jaringan Area Metropolitan)
  • WAN (Jaringan Area Luas)
  • Keempat jenis ini dijelaskan di bawah ini:
  1. LAN (Jaringan Area Lokal)

LAN diperluas sebagai Jaringan Area Lokal di mana kumpulan komputer terhubung satu sama lain dalam rentang terbatas seperti apartemen dan kantor. Jaringan komputer ini menghubungkan kumpulan komputer melalui perangkat komunikasi seperti kabel koaksial, router dan sakelar dan pasangan bengkok.

Ini tersedia dengan biaya rendah dan dibangun dengan perangkat keras yang murah seperti kabel ethernet, adaptor jaringan, dan hub. Di sini kecepatan transfer data tinggi dengan waktu respons minimal. Ini adalah jaringan yang sangat aman dan tidak terlalu rentan terhadap peretasan dan kehilangan data.

  1. PAN (Jaringan Wilayah Pribadi)

PAN diperluas karena Personal Area Network dikonfigurasikan pada seseorang dalam jarak sekitar sepuluh meter dan sebagian besar digunakan untuk menghubungkan jangkauan internet untuk penggunaan pribadi. Ini memiliki jangkauan jangkauan hingga tiga puluh meter. Peralatan pribadi termasuk desktop, laptop, smartphone, stasiun permainan, gadget elektronik, dan pemutar musik.

Ada dua jenis Jaringan Area Pribadi:

  • Jaringan Area Pribadi Nirkabel
  • Jaringan Area Pribadi Berkabel

Jaringan Area Pribadi Nirkabel

Jaringan Area Pribadi Nirkabel dikonfigurasi berdasarkan teknologi nirkabel seperti Bluetooth dan Wi-Fi yang termasuk dalam jaringan jangkauan terbatas.

Jaringan Area Pribadi Berkabel

Jaringan Area Pribadi Berkabel disebarkan dengan menggunakan USB.

Contoh Personal Area Network

  1. Body Area Network

Body Area Network bergerak bersama seseorang seperti smartphone atau jam tangan yang bergerak bersama seseorang. Dia juga dapat terhubung dengan orang lain untuk menghubungkan perangkat untuk berbagi data.

  1. Jaringan Offline

Jaringan offline dapat digunakan di dalam rumah yang juga disebut jaringan rumah. Direncanakan untuk terhubung dengan televisi, printer yang tidak dapat diakses ke internet.

  1. Kantor Rumah Kecil

Kantor Rumah Kecil digunakan untuk menghubungkan perangkat ke dunia maya melalui VPN yang merupakan jaringan pribadi virtual.

  1. MAN (Jaringan Wilayah Metropolitan)

Metropolitan Area Network disebut MAN yang mencakup wilayah geografis yang sangat luas dengan menghubungkan ke berbagai jaringan area lokal yang disatukan untuk membentuk jaringan yang besar. Pemerintah menggunakan MAN untuk menghubungkan perusahaan swasta dan orang-orang melalui situs web atau aplikasi. Dalam jaringan Area Metropolitan, LAN yang berbeda saling terhubung melalui teknologi komunikasi telepon.

Disini kebanyakan kabel telepon digunakan untuk menghubungkan LAN menjadi MAN. Protokol yang diterapkan secara luas di MAN adalah Frame Relay, ISDN, ATM, ADSL, dan RS-232. MAN sebagian besar digunakan dalam reservasi Airline dan menjalin komunikasi antar sektor perbankan di suatu kota. Hal ini juga dikerahkan dalam jangkauan militer untuk komunikasi yang efektif . Itu juga dapat digunakan di dalam kolase di dalam kota itu.

  1. WAN (Jaringan Area Luas)

Jaringan Area Nirkabel menyediakan layanan bagi pengguna untuk terhubung ke nirkabel menggunakan akses jarak jauh atau publik atau pribadi. Koneksi dibuat dalam rentang geografis yang luas seperti kota lengkap yang menggunakan struktur jaringan operator seluler saat ini. WAN dimulai dengan standar 802.20 dan tujuannya adalah untuk mencapai optimalisasi Mobile Broadband Wireless Access yang disebut MBWA. Standar 802.20 ini berdiri sebagai pesaing tangguh untuk model klasik 2.5 dan 3G.

WWAN berhasil membuat kemungkinan transfer suara dangkal. Itu juga diukur dalam GPS adalah sistem pemosisian global, Layanan Radio Paket Umum disebut sebagai GPRS, EDGE disingkat dari Tingkat Data yang Ditingkatkan untuk evolusi global, Sistem telekomunikasi seluler universal dikenal sebagai UMTS, HSUPA adalah paket uplink berkecepatan tinggi dan HSPDA adalah akses paket downlink berkecepatan tinggi.

Contoh Jaringan Komputer

Jaringan nirkabel yang berbeda menawarkan koneksi internet. Jika pengguna berada dalam jangkauan, koneksi internet ke jaringan sangat cepat dan memberikan akses cepat ke kotak surat, pengunduhan file, penyimpanan, pemuatan situs web, dan sebagainya. Perbedaan khas yang perlu ditekankan adalah cakupan sementara yang satu didirikan di rumah dan yang lainnya didirikan di kota. Karena perbedaan besar ini, Wireless Wide Area Network tidak dapat beroperasi pada teknologi yang sama dengan Wireless Local Area Network.

LAN seperti Wi-Fi memiliki jangkauan terbatas dan membutuhkan banyak node untuk menjangkau area yang luas. WAN mengadopsi telekomunikasi yang dapat diadaptasi untuk cakupan yang lebih luas. Karena WAN mencakup jangkauan yang lebih luas secara bersamaan, ia juga mengimplementasikan protokol keamanan. Protokol keamanan yang digunakan adalah WPA dan WEP. Meskipun canggih, itu bukan opsi yang dijamin. Tetapi masih sedikit orang yang menggunakannya sebagai jaringan yang tidak aman karena rentan terhadap enkripsi yang rentan. Tetapi mereka dapat menerima sinyal meskipun menggunakan jaringan yang tidak aman.

Sederhananya, WAN dan MAN menggunakan telekomunikasi sedangkan LAN dan PAN tidak menggunakannya untuk pengoperasiannya. LAN dan PAN bekerja dalam kondisi aman dimana WAN tidak begitu aman. PAN dan LAN lebih cepat daripada karena cakupannya. LAN memiliki DLNA untuk penggunaannya yang efektif. Jika pengguna ingin mengatur koneksi internet di rumahnya ia dapat memilih PAN atau LAN dan jika ia ingin menjadi pengusaha penyedia layanan internet maka ia harus memilih WAN. Masing-masing memiliki fitur unik dan dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhannya.

Kinerja PAN atau LAN yang efektif memiliki impor melalui WAN. Karena jangkauan terbatas, ini mencakup beberapa orang dan berfokus pada kecepatan pengoperasian dengan kinerja tinggi. Tapi itu tidak terkait dengan koneksi jaringan yang terbatas dari kecepatan LAN atau WAN. PAN atau LAN dapat diadaptasi untuk memindahkan dan menghosting file dari satu perangkat atau sistem ke aplikasi lain dan aplikasi terkait.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *