8 Tips Pengantar Jenis Perangkat Jaringan Di Komputer

8 Tips Pengantar Jenis Perangkat Jaringan Di Komputer – Dalam posting ini, kita akan membahas berbagai jenis perangkat jaringan, tetapi pertama-tama kita akan mengetahui apa itu perangkat jaringan. Perangkat jaringan disebut perangkat keras yang menghubungkan komputer, printer, faks, dan perangkat elektronik lainnya ke jaringan.

8 Tips Pengantar Jenis Perangkat Jaringan Di Komputer

portknocking – Perangkat semacam itu dengan mudah, aman, dan mentransfer data dengan benar melalui satu atau jaringan lain. Perangkat antar jaringan atau intra jaringan mungkin tersedia. Beberapa perangkat, seperti kartu NIC atau konektor RJ45, terpasang pada perangkat, sementara yang lain merupakan komponen jaringan seperti router, switch, dll.

Baca Juga : 10 Cara Terbukti Mengamankan Jaringan Komputer

Mari kita lihat lebih dekat beberapa ponsel ini. Modem adalah suatu sistem yang dapat mengirim dan menerima data melalui saluran telepon atau kabel dari komputer. Data yang disimpan di perangkat bersifat digital, sedangkan saluran telepon atau kabel hanya dapat mengirimkan data analog.

Sinyal digital diubah menjadi analog dan sebaliknya, yang penting dalam modem. Modulator mengubah data digital menjadi analog. Saat prosesor mengirim data, demodulator diterjemahkan menjadi data digital.

  1. Titik Akses

Sementara tautan kabel atau nirkabel adalah teknologi di AP, itu biasanya berarti perangkat nirkabel. Sebuah AP beroperasi pada lapisan OSI kedua, lapisan data link , dan dapat bertindak sebagai jembatan yang menghubungkan jaringan nirkabel standar ke perangkat nirkabel atau sebagai router yang mentransmisikan data ke titik akses lain.

Titik konektivitas nirkabel (WAP) adalah perangkat yang digunakan untuk menghasilkan pemancar dan penerima LAN nirkabel (WLAN). Titik akses biasanya merupakan mesin jaringan terpisah dengan antena, pemancar, dan adaptor terintegrasi.

Untuk menyediakan tautan antara WLAN dan kabel Ethernet Lan, AP menggunakan mode jaringan infrastruktur nirkabel. Mereka memiliki beberapa port, yang memungkinkan Anda memperluas jaringan untuk mendukung pelanggan lain.

Satu atau lebih AP mungkin perlu memiliki jangkauan penuh, tergantung pada ukuran jaringan. APSAP juga dapat menyediakan beberapa port yang dapat digunakan untuk meningkatkan ukuran jaringan, kemampuan firewall , dan DHCP. Jadi, kami mendapatkan AP berbasis sakelar, server DHCP, firewall, dan router.

  1. Router

Router memungkinkan paket untuk dikirim ke tujuannya dengan memantau lautan perangkat jaringan yang saling berhubungan dengan topologi jaringan yang berbeda .

Router adalah perangkat pintar dan menyimpan data di jaringan tempat mereka terhubung. Sebagian besar router dapat disesuaikan sebagai firewall untuk filter paket dan dapat menggunakan ACL. Router juga digunakan untuk mengubah framing dari LAN ke WAN bersama dengan unit kontrol jaringan/unit layanan data (CSU/DSU). Router semacam itu disebut router batas.

Router adalah jalur perlindungan pertama Anda, dan hanya lalu lintas yang disetujui oleh administrator jaringan yang perlu dilewati. Router adalah jalur perlindungan pertama Anda, dan hanya lalu lintas yang disetujui oleh administrator jaringan yang perlu dilewati.

  1. Hub

Hub menghubungkan berbagai perangkat jaringan. Jaringan juga berfungsi sebagai amplifikasi dengan memperkuat sinyal yang memburuk melalui kabel setelah jarak jauh. Hub adalah yang termudah dalam keluarga sistem komunikasi jaringan, hub adalah yang termudah, karena menghubungkan komponen LAN dengan protokol yang sama.

Data digital atau analog dapat digunakan dengan server selama konfigurasinya siap untuk memformat data yang masuk. Hub tidak memproses atau menangani paket; mereka hanya mengirim paket data ke semua perangkat yang terhubung. Kami mengirim paket data. Hub beroperasi pada lapisan fisik Open System Interconnection (OSI). Ada dua jenis hub: sederhana dan banyak.

Ada dua jenis Hub:

  • Hub Aktif
  • Hub pasif

HUB Aktif: Itu adalah hub yang dapat membersihkan, menaikkan, dan mendistribusikan sinyal bersama dengan jaringan dengan catu dayanya. Ini adalah repeater dan hub kabel. Jarak total antar node dapat ditingkatkan.

PUSAT Pasif: Ini adalah hub yang mengumpulkan kabel dari node jaringan aktif dan listrik. Hub ini mentransmisikan sinyal ke jaringan tanpa pembersihan dan pembaruan, dan jarak antar node tidak dapat ditingkatkan.

  1. Bridge

Bridge menghubungkan dua atau lebih host atau segmen jaringan. Pemrosesan jembatan dan transfer bingkai antara berbagai tautan jembatan adalah peran kunci dalam arsitektur jaringan. Untuk transmisi gambar, Anda menggunakan perangkat keras Media Access Control (MAC).

Bridge dapat mengirimkan data atau memblokir penyeberangan dengan melihat alamat MAC perangkat yang terhubung ke setiap jalur. Dimungkinkan juga untuk menghubungkan dua LAN fisik dengan LAN teoretis yang lebih luas dengan jembatan. Bridge hanya berfungsi pada layer OSI Physical dan Data Link. Jembatan digunakan untuk membagi jaringan besar menjadi bagian yang lebih kecil melalui penempatan antara dua segmen jaringan fisik dan manajemen aliran data antara keduanya.

Bridge dalam banyak hal seperti hub, seperti menghubungkan komponen LAN ke protokol yang sama. Namun jembatan, yang dikenal sebagai bingkai, memfilter paket data yang masuk ke alamat sebelum transmisi. Bridge tidak mengubah format atau konten dari data yang masuk saat memfilter paket data dengan bantuan tabel bridge dinamis; filter jembatan dan frame yang diteruskan dalam jaringan.

Tabel jembatan yang awalnya kosong mempertahankan alamat LAN setiap komputer LAN dan setiap alamat antarmuka jembatan yang menghubungkan LAN ke LAN lainnya.

  1. Gateway

Lapisan transportasi dan sesi model OSI biasanya bekerja di gateway. Ada banyak pedoman dan spesifikasi untuk vendor yang berbeda pada lapisan transport dan di atasnya; gateway mengelola ini. Koneksi antara teknologi jaringan, seperti OSI dan Protokol Kontrol Transmisi/Protokol Internet, seperti TCP/IP, didukung oleh gateway.

Gateway menghubungkan, dengan demikian, dua atau lebih jaringan mandiri dengan algoritma, protokol, topologi, sistem dan kebijakan nama domain mereka sendiri, dan administrasi jaringan. Gateway menangani semua fungsi perutean dan lainnya. Faktanya, router terjemahan tambahan adalah gateway. Konverter protokol disebut fitur yang menerjemahkan antara teknologi jaringan yang berbeda.

  1. Switch

Switch memiliki pekerjaan yang lebih cerdas dibandingkan hub pada umumnya. Switch meningkatkan kapasitas jaringan. Switch menyimpan informasi terbatas pada node perutean di jaringan internal dan menyediakan tautan ke sistem seperti hub atau router.

Biasanya pantai LAN dihubungkan oleh sakelar. Switch biasanya akan membaca alamat perangkat keras paket yang masuk untuk mentransfernya ke tujuan masing-masing. Switch meningkatkan keefektifan Jaringan melalui hub atau router karena fleksibilitas sirkuit digital. Sakelar juga meningkatkan perlindungan jaringan karena kontrol jaringan membuat sirkuit digital lebih mudah diselidiki.

Anda dapat melihat sakelar sebagai sistem yang menggabungkan beberapa router dan hub terbaik. Sebuah saklar dapat beroperasi pada antarmuka Data Link atau lapisan jaringan model OSI. Sakelar multi-lapisan dapat berfungsi di kedua lapisan, sehingga sakelar dan router dapat berfungsi. Sakelar berkinerja tinggi yang mengadopsi prosedur perutean yang sama dengan router adalah sakelar multilayer.

DDoS dapat menyerang sakelar; kontrol banjir dapat digunakan untuk mencegah lalu lintas berbahaya menghentikan sakelar. Perlindungan port Switch sangat penting untuk memastikan bahwa semua port yang tidak digunakan dinonaktifkan, dan Penyaringan Alamat DHCP, ARP, dan MAC digunakan untuk memastikan switch yang stabil.

  1. Modem

Sinyal digital ditransmisikan melalui saluran telepon analog menggunakan modem (modulator demodulator). Modem mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dengan berbagai frekuensi dan mengirimkannya ke modem di lokasi penerima. Modem penerima berbelok ke arah lain dan memberikan output digital ke perangkat, biasanya komputer, yang terhubung ke modem.

Dalam kebanyakan kasus, data digital ditransmisikan melalui antarmuka standar RS-232 ke atau dari modem jalur serial. Sebagian besar operator kabel menggunakan modem sebagai terminal akhir untuk menemukan dan mengingat rumah dan klien pribadi mereka, dan banyak perusahaan telepon menyediakan layanan DSL. Semua lapisan tautan fisik dan data beroperasi pada modem.

  1. Router bridging

Router bridging juga merupakan perangkat yang menggabungkan fitur bridge dan router. Ini dapat digunakan pada lapisan koneksi data atau lapisan jaringan. Itu dapat merutekan paket melintasi jaringan sebagai router, berfungsi sebagai jembatan, dan memfilter lalu lintas jaringan di area lokal.

Kesimpulan

Jadi, dalam artikel ini, kita telah melihat berbagai jenis perangkat jaringan. Dengan pengetahuan yang kuat tentang jenis perangkat jaringan, Anda dapat mengembangkan dan membangun jaringan aman yang baik untuk perusahaan Anda.

Meskipun demikian, Anda harus hati-hati memantau perangkat jaringan Anda dan perilaku di sekitarnya untuk memastikan keamanan dan keandalan jaringan Anda yang berkelanjutan untuk mengidentifikasi masalah perangkat keras, masalah dengan konfigurasi, dan serangan dengan cepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *