7 Jenis Jaringan Dan Kasus Penggunaannya

8 Tips Pengantar Jenis Perangkat Jaringan Di Komputer – Jaringan komputer adalah sistem perangkat yang saling berhubungan, direpresentasikan sebagai node jaringan, yang berbagi informasi, data, dan sumber daya satu sama lain. Bergantung pada jenis jaringannya, perangkat bisa sesederhana komputer atau smartphone yang terhubung ke jaringan. Jaringan yang lebih besar menggunakan perangkat seperti router dan switch untuk membuat infrastruktur jaringan yang mendasarinya. Tidak semua jaringan sama. Ada beberapa jenis jaringan, masing-masing ada untuk mendukung perangkat, ukuran, dan lokasi sistem. Jaringan juga memiliki tingkat akses dan bentuk konektivitas yang berbeda.

Di bawah ini adalah tujuh jenis jaringan yang umum, beserta manfaat dan kasus penggunaannya.

  1. Jaringan area pribadi

Personal area network (PAN) adalah jenis jaringan terkecil dan paling sederhana. PAN menghubungkan perangkat dalam jangkauan individu dan tidak lebih besar dari sekitar 10 meter (m). Karena PAN beroperasi di area ruang yang terbatas, sebagian besar adalah nirkabel dan menyediakan konektivitas jarak pendek dengan teknologi infra merah. Contoh PAN nirkabel adalah saat pengguna menyambungkan perangkat Bluetooth, seperti headset nirkabel, ke smartphone atau laptop. Meskipun sebagian besar PAN nirkabel, opsi PAN kabel ada, termasuk USB.

manfaat PAN

Portabilitas

Sebagian besar perangkat yang terhubung dalam PAN berukuran kecil dan mudah dipindahkan.

Keterjangkauan

Kemampuan untuk membentuk koneksi antara dua perangkat dalam PAN tanpa kabel tambahan biasanya lebih murah dibandingkan dengan jaringan kabel.

Keandalan

PAN menjamin konektivitas yang stabil antar perangkat, asalkan perangkat tetap berada dalam jangkauan 10 m.

Keamanan

PAN tidak langsung terhubung ke jaringan yang lebih besar, melainkan ke perangkat lain yang terhubung ke jaringan yang lebih besar. Keamanan perangkat dalam PAN bergantung pada seberapa aman perangkat perantara dalam jaringan keseluruhan yang lebih besar.

Baca Juga ; 8 Tips Pengantar Jenis Perangkat Jaringan Di Komputer

Kasus penggunaan PAN

PAN dikonfigurasi sehingga pengguna individu dapat menghubungkan perangkat mereka di sekitar pribadi mereka. Contoh literalnya adalah jaringan area tubuh , di mana pengguna secara fisik memakai perangkat yang terhubung. Jaringan rumah kecil dengan komputer, printer, dan perangkat nirkabel lainnya juga dianggap sebagai PAN. Ke depan, PAN bisa berfungsi sebagai pemain kunci dalam dunia futurologi. Beberapa pakar jaringan memperkirakan bahwa PAN mungkin dapat mengoptimalkan dan mengaktifkan sistem IoT baik di kantor maupun di rumah.

  1. Jaringan area lokal

Jaringan area lokal ( LAN ) adalah sistem di mana komputer dan perangkat lain terhubung satu sama lain di satu lokasi. Sementara PAN menghubungkan perangkat di sekitar individu, cakupan LAN dapat berkisar dari beberapa meter di rumah hingga ratusan meter di kantor perusahaan besar. Topologi jaringan menentukan bagaimana perangkat di LAN saling terhubung. LAN menggunakan opsi konektivitas kabel dan nirkabel. Wireless LAN (WLAN) telah melampaui LAN kabel tradisional dalam hal popularitas, tetapi LAN kabel tetap menjadi pilihan yang lebih aman dan andal.

LAN berkabel menggunakan kabel fisik, seperti Ethernet, dan sakelar; WLAN menggunakan perangkat, seperti router nirkabel dan titik akses, untuk menghubungkan perangkat jaringan melalui gelombang frekuensi radio. Administrator jaringan dapat menerapkan protokol keamanan dan standar enkripsi untuk mengamankan jaringan nirkabel . LAN berkabel biasanya lebih aman karena memerlukan kabel fisik untuk membentuk koneksi dan jauh lebih rentan terhadap kompromi.

manfaat LAN

Berbagi sumber daya

Berbagi sumber daya adalah salah satu alasan terpenting untuk menyiapkan jaringan apa pun. Semakin banyak perangkat yang terhubung satu sama lain, mereka dapat berbagi lebih banyak file, data, dan perangkat lunak satu sama lain.

Penyimpanan data yang aman

Data jaringan disimpan di lokasi terpusat yang dapat diakses oleh semua perangkat yang terhubung. Perangkat harus mendapat izin untuk mengakses jaringan, mencegah pengguna yang tidak berwenang mengambil informasi sensitif.

Komunikasi cepat

Kabel Ethernet memberikan kecepatan transmisi data yang cepat dan andal, yang meningkatkan laju komunikasi antar perangkat.

Komunikasi mulus

Setiap pengguna resmi dapat berkomunikasi dengan yang lain di jaringan yang sama.

Kasus penggunaan LAN

LAN mendukung kantor pusat dan lingkungan jaringan perusahaan, antara lain. Pengguna di kantor rumah pribadi dapat menghubungkan perangkat mereka dan mentransfer data antar perangkat dengan sedikit kesalahan. Karyawan di kantor perusahaan dapat dengan cepat berkomunikasi, berbagi, dan mengakses data dan layanan yang sama yang disediakan oleh organisasi mereka.

Kasus penggunaan WLAN yang paling umum adalah Wi-Fi. Jaringan nirkabel dapat menggunakan sinyal radio Wi-Fi untuk menyambungkan beberapa perangkat di satu lokasi. Namun, penting untuk dicatat bahwa WLAN dan Wi-Fi berbeda. Jaringan Wi-Fi adalah WLAN, tetapi tidak semua WLAN menggunakan Wi-Fi.

LAN virtual

LAN virtual ( VLAN ) adalah jenis konfigurasi LAN yang secara virtual mengelompokkan komponen jaringan menjadi beberapa segmen. Administrator jaringan membuat VLAN untuk mengoperasikan segmen sebagai sistem individual, terpisah dari LAN lainnya. VLAN mencegah kemacetan jaringan dengan mengisolasi lalu lintas LAN untuk setiap segmen, yang pada gilirannya meningkatkan kinerja dan efisiensi jaringan, menyederhanakan manajemen jaringan, dan meningkatkan keamanan.

  1. Jaringan area metropolitan

Sebuah jaringan area metropolitan ( MAN ) adalah interkoneksi beberapa LAN di seluruh kota, kota atau kotamadya. Seperti LAN, MAN dapat menggunakan berbagai opsi konektivitas kabel atau nirkabel , termasuk serat optik, kabel Ethernet, Wi-Fi atau seluler.

manfaat MAN

Cakupan kota

MAN dapat menjangkau seluruh kota atau kota, memperluas konektivitas jaringan hingga puluhan mil.

Standar jaringan yang efisien

Konfigurasi MAN biasanya menggunakan standar jaringan IEEE 802.11 untuk meningkatkan kapasitas bandwidth dan tingkat frekuensi, yang meningkatkan kinerja jaringan.

Konektivitas berkecepatan tinggi

Kabel serat optik adalah bentuk konektivitas MAN yang paling populer karena menyediakan kecepatan data koneksi yang aman dan cepat.

Kasus penggunaan MAN

Tujuan utama MAN adalah memiliki jaringan yang sama yang tersedia di beberapa lokasi. Dalam LAN, jaringan dapat diakses di satu lokasi. Dalam MAN, organisasi dengan LAN di kotamadya yang sama seperti gedung perkantoran yang berbeda dapat memperluas konektivitas jaringan mereka ke lokasi yang berbeda tersebut. Entitas pemerintah juga dapat mengonfigurasi MAN untuk menyediakan konektivitas jaringan publik kepada pengguna. Contohnya adalah ketika pemerintah kota menawarkan Wi-Fi publik gratis kepada penduduk kota menggunakan teknologi MAN nirkabel.

  1. Jaringan kampus

Jaringan kampus , kadang-kadang disebut sebagai jaringan area kampus atau CAN, adalah jaringan LAN yang saling terhubung dan tersebar. Seperti MAN, jaringan kampus memperluas jangkauan ke gedung-gedung yang berdekatan. Perbedaan antara kedua konfigurasi tersebut adalah bahwa jaringan kampus menghubungkan LAN dalam wilayah geografis yang terbatas, sedangkan MAN menghubungkan LAN dalam wilayah metro yang lebih besar. Jangkauan geografis jaringan kampus bervariasi dari 1 kilometer hingga 5 km, sedangkan MAN dapat mencapai 50 km.

Manfaat kampus

Keterjangkauan

Jaringan kampus mencakup wilayah geografis yang lebih kecil daripada MAN, sehingga biaya pemeliharaan infrastruktur lebih murah.

Konfigurasi mudah

Dibandingkan dengan MAN, jaringan kampus lebih mudah diatur dan dikelola karena lebih sedikit tempat untuk dicakup dan lebih sedikit perangkat untuk didukung.

Pembuatan hotspot Wi-Fi

Universitas dan organisasi lain yang memiliki jaringan kampus dapat memasang hotspot Wi-Fi gratis di area dengan volume tinggi untuk memungkinkan akses jaringan yang mudah.

Kasus penggunaan kampus

Administrator jaringan biasanya menyiapkan jaringan kampus untuk membuat jaringan yang cukup besar untuk mencakup sekolah atau universitas. Istilah jaringan kampus mungkin menyiratkan bahwa jaringan ini hanya berfungsi untuk lingkungan universitas, tetapi bisnis juga membuat jaringan kampus untuk mendistribusikan satu jaringan standar di seluruh gedung di area lokal.

  1. Jaringan area luas

Jaringan area luas ( WAN ) adalah jenis konfigurasi jaringan komputer yang paling luas. Seperti MAN, WAN adalah koneksi dari beberapa LAN milik jaringan yang sama. Tidak seperti MAN, bagaimanapun, WAN tidak terbatas pada batas kota. WAN dapat meluas ke area mana pun di dunia. Misalnya, organisasi dengan kantor perusahaan di New York dapat menghubungkan lokasi cabang di London dalam WAN yang sama. Pengguna di kedua lokasi mendapatkan akses ke data, file, dan aplikasi yang sama, dan dapat berkomunikasi satu sama lain.

manfaat WAN

Cakupan wilayah yang luas

WAN menyediakan konektivitas yang lebih luas karena jaringan dapat terhubung dari mana saja di dunia.

Peningkatan kinerja

WAN menggunakan tautan dengan bandwidth khusus untuk menghubungkan LAN bersama. Tautan ini meningkatkan kecepatan jaringan dan memberikan kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada LAN.

Peningkatan keamanan

Tautan khusus juga meningkatkan keamanan di seluruh jaringan karena jaringan hanya terhubung ke dirinya sendiri, menurunkan kemungkinan peretas membajak sistem.

Kasus penggunaan WAN

Daya tarik utama WAN adalah fasilitasi konektivitas jaringan jarak jauh. Organisasi menggunakan WAN untuk menghubungkan kantor cabang yang terletak jauh dari kantor pusat. Tetapi bisnis bukanlah satu-satunya yang dapat menggunakan WAN; diperkirakan dua pertiga populasi global menggunakan internet WAN terpopuler dan terbesar di dunia — saat ini.

  1. Jaringan pengiriman konten

Jaringan pengiriman konten ( CDN ) adalah jaringan server yang didistribusikan secara global yang mengirimkan konten multimedia dinamis seperti iklan interaktif atau konten video ke pengguna internet berbasis web. CDN menggunakan server khusus yang mengirimkan konten media kaya bandwidth-berat dengan menyimpannya di cache dan mempercepat waktu pengiriman. Penyedia CDN menyebarkan server digital ini secara global di tepi jaringan, menciptakan titik kehadiran yang terdistribusi secara geografis.

Saat pengguna meminta data di jaringan, server proxy meneruskan data ke server CDN terdekat, yang mengenkripsinya menjadi file yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola untuk ditangani jaringan, sebelum mengirimkannya ke server asal. Server asal menyediakan konten kepada pengguna. CDN cukup mudah dikonfigurasi, dan organisasi memiliki banyak opsi vendor CDN untuk membeli layanan.

manfaat CDN

Pengiriman konten cepat

Tujuan utama CDN adalah memuat konten multimedia di situs web dengan cepat dan mengurangi latensi di antara permintaan.

Peningkatan keamanan

Saat lalu lintas berjalan melalui server CDN, potensi virus yang melekat pada data juga dialihkan ke server. Layanan CDN memitigasi ancaman ini sehingga dapat mengirim data tanpa kompromi melalui jaringan.

Peningkatan kinerja situs

Situs web yang dikelola oleh CDN mengalami lebih sedikit masalah latensi dan batasan bandwidth. Waktu henti jaringan yang disebabkan oleh lonjakan lalu lintas juga jarang terjadi di situs web dengan CDN.

Kasus penggunaan CDN

CDN memungkinkan pengiriman media yang kaya yaitu,dinamis. Sebagian besar situs web dan aplikasi menyertakan beberapa bentuk konten dinamis, mulai dari postingan media sosial yang disematkan hingga pemutar streaming video. CDN lebih penting dari sebelumnya untuk mengakomodasi sejumlah besar data kompleks yang dibagikan di antara jutaan pengguna internet setiap hari.

  1. Jaringan pribadi virtual

Jaringan pribadi virtual ( VPN ) membuat overlay jaringan pribadi di jaringan publik yang ada. VPN menggunakan protokol tunneling yang membuat koneksi terenkripsi antara jaringan dan perangkat klien. Lalu lintas jaringan berjalan melalui terowongan aman dan terenkripsi layanan VPN alih-alih jaringan publik, secara efektif menyembunyikan alamat IP dan data pengguna dari ISP dan peretas keamanan siber. Lokasi pengguna tampaknya berada di mana pun server VPN berada.

Manfaat VPN

Privasi dan anonimitas

Pengguna dapat menelusuri jaringan tanpa aktivitas mereka dipantau oleh ISP.

Peningkatan keamanan

Pengguna harus menerima otentikasi sebelum mendapatkan akses ke VPN. Organisasi dapat mengamankan data perusahaan dengan cara ini dengan mencegah pengguna yang tidak diautentikasi mengakses informasi sensitif.

Geo-spoofing

Pengguna yang terhubung ke VPN tampaknya berada di lokasi yang sama dengan server, baik di gedung perkantoran atau di negara lain seluruhnya. Pengguna dapat mengambil data perusahaan atau mendapatkan akses ke konten yang diblokir secara geografis di luar perbatasan negara mereka.

Kasus penggunaan VPN

Studi menunjukkan bahwa popularitas VPN meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena pengguna internet berusaha menjelajahi web tanpa pengawasan dari ISP mereka. ISP dapat memantau aktivitas web pengguna, termasuk situs yang dikunjungi dan jenis konten yang diunduh. VPN menyembunyikan informasi ini dari ISP, sambil tetap memberi pengguna akses ke layanan jaringan.

VPN juga memfasilitasi pekerjaan jarak jauh bagi individu yang bekerja di luar lokasi kantor. Perangkat pengguna dengan perangkat lunak klien VPN dapat terhubung ke server VPN organisasi mereka dan menerima akses ke pusat data kantor mereka. Dengan menggunakan koneksi tersebut, mereka dapat mengakses file dan sumber daya yang sama dengan karyawan yang secara fisik berada di dalam gedung. Fungsionalitas ini menjadikan VPN sebagai alat vital selama pandemi COVID-19 , ketika lebih dari sepertiga tenaga kerja AS bekerja dari rumah, menurut Pew Research Center.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *