Dasar dan Manfaat Keamanan Jaringan

7 Jenis Jaringan Dan Kasus Penggunaannya – Jika Anda pernah menonton acara anak-anak, masuk sekolah umum, atau pergi ke perpustakaan, kemungkinan besar Anda pernah mendengar pepatah “Pengetahuan adalah kekuatan”. Akses ke informasi selalu membuat perbedaan, dan tidak ada waktu yang lebih benar daripada di era digital. Saat ini, bisnis memiliki akses ke informasi yang lebih berharga daripada sebelumnya dan melindungi informasi tersebut sangat penting untuk kesuksesan bisnis.

Dasar dan Manfaat Keamanan Jaringan

portknocking – Keamanan jaringan yang efektif bertindak sebagai penjaga gerbang untuk informasi tersebut, mencegah akses tidak sah, penyalahgunaan, modifikasi, atau pengubahan jaringan komputer dan sumber dayanya. Di sini kami akan menguraikan apa arti keamanan jaringan, mengapa ini sangat penting bagi bisnis Anda, dan jenis keamanan jaringan apa yang dapat diterapkan pada bisnis Anda.

Apa itu keamanan jaringan?

Keamanan jaringan adalah sistem, perangkat, atau tindakan apa pun yang dirancang untuk melindungi keamanan dan keandalan jaringan dan datanya. Seperti pagar di sekitar tanah pribadi atau kunci pintu, keamanan jaringan mengelola akses ke jaringan dengan menghentikan berbagai ancaman masuk dan menyebar melalui sistem.

Cybersecurity bertujuan untuk melindungi sistem dan jaringan yang terhubung ke Internet dari serangan awal seperti peretas atau virus. Keamanan jaringan difokuskan untuk melindungi file, dokumen, dan informasi dari jenis serangan tersebut. Paling umum, keamanan jaringan dimulai dengan autentikasi dalam bentuk nama pengguna dan kata sandi, tetapi juga dapat menggunakan alat lain seperti firewall, program anti-virus, dan jaringan pribadi virtual (VPN) untuk melindungi informasi jaringan.

4 manfaat utama keamanan jaringan

Untuk bisnis saat ini, digitalisasi bukan lagi pilihan cerdas atau keunggulan kompetitif—melainkan kebutuhan. Karena semakin banyak perusahaan menjalani transformasi digital , keamanan infrastruktur digital harus menjadi prioritas utama setiap manajer operasi. Jaringan yang aman dan andal tidak hanya melindungi kepentingan dan operasi organisasi, tetapi juga setiap klien atau pelanggan yang bertukar informasi dengan organisasi, selain masyarakat umum.

Dan jika perlindungan informasi tidak cukup untuk berinvestasi dalam keamanan jaringan, pertimbangkan biayanya: menurut Solarwinds MSP , biaya global untuk menangani kerusakan yang disebabkan oleh kejahatan dunia maya diperkirakan mencapai $6 triliun pada tahun 2021, dengan rata-rata penyebab serangan dunia maya berjumlah lebih dari $1 juta.

Baca Juga; 7 Jenis Jaringan Dan Kasus Penggunaannya

Jika ini tidak cukup memotivasi, berikut adalah pengingat tentang manfaat utama yang diperoleh perusahaan Anda dari peningkatan keamanan jaringan.

Membangun kepercayaan

Keamanan sistem besar berarti keamanan untuk semua orang. Keamanan internet meningkatkan kepercayaan pelanggan dan konsumen serta melindungi bisnis Anda dari konsekuensi reputasi dan hukum dari pelanggaran keamanan informasi.

Mengurangi risiko

Solusi keamanan jaringan yang tepat akan membantu bisnis Anda tetap mematuhi peraturan bisnis dan pemerintah, dan akan meminimalkan dampak bisnis dan keuangan dari pelanggaran jika hal itu terjadi.

Melindungi informasi hak milik

Klien dan pelanggan Anda mengandalkan Anda untuk melindungi informasi sensitif mereka. Perusahaan Anda juga mengandalkan perlindungan yang sama. Keamanan jaringan memastikan perlindungan informasi online yang dibagikan.

Memungkinkan tempat kerja yang lebih modern

Keamanan jaringan menawarkan opsi untuk mengaktifkan pekerjaan di masa depan, mulai dari mengamankan karyawan dari mana saja dengan VPN hingga mendorong kolaborasi melalui koneksi jaringan yang aman. Perlindungan jaringan yang efektif juga menawarkan perlindungan berlapis untuk mengakomodasi pertumbuhan bisnis Anda.

Jenis keamanan jaringan

Kontrol akses

Jaringan Anda mungkin memiliki banyak pengunjung, tetapi tidak semuanya harus memiliki tingkat akses yang sama. Kontrol akses seperti kedengarannya; itu mengontrol akses ke area sensitif dalam jaringan. Dengan mengenali setiap pengguna dan setiap pembagian, Anda dapat membatasi akses hanya ke pengguna dan perangkat yang dikenal dan memblokir atau membatasi akses ke perangkat dan pengguna yang tidak dikenal.

Perangkat lunak antivirus dan anti-malware

Malware, kependekan dari “malicious software”, memiliki banyak bentuk untuk menyerang jaringan Anda, termasuk virus, worm, Trojan, spyware, atau ransomware. Sementara beberapa malware bertindak segera untuk mencuri atau merusak data, malware lain lebih tersembunyi, tidak aktif sebelum diam-diam menyusup ke sistem dan informasi. Program perangkat lunak antivirus dan anti-malware teratas tidak hanya akan memindai dan memantau jaringan untuk malware saat masuk, tetapi akan terus memantau jaringan untuk perilaku mencurigakan dan anomali untuk membantu mengurangi risiko dan melindungi dari ancaman.

Keamanan aplikasi

Keamanan jaringan tidak hanya melibatkan integritas sistem Anda sendiri tetapi juga integritas sistem yang Anda gunakan untuk mendukung operasi Anda. Setiap perangkat, produk perangkat lunak, dan aplikasi yang digunakan di jaringan Anda harus diperiksa dan diperbarui untuk mencegah penyusupan melalui jaringan pihak ketiga. Keamanan aplikasi adalah praktik perlindungan terhadap kerentanan apa pun yang disebabkan oleh pengintegrasian sistem dan aplikasi pihak ketiga.

Analisis perilaku

Untuk mengidentifikasi anomali perilaku, administrator jaringan harus memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana biasanya perilaku pengguna di dalam jaringan. Alat analitik perilaku dirancang untuk mengidentifikasi perilaku pengguna berisiko yang biasanya mendahului potensi pelanggaran keamanan. Mengidentifikasi ancaman sejak dini memberi administrator keamanan jaringan peluang terbaik untuk mengurangi potensi ancaman apa pun.

Keamanan awan

Banyak bisnis beralih ke cloud untuk mendapatkan keuntungan dari peningkatan efisiensi, pengurangan biaya, alat terintegrasi, dan kolaborasi yang lebih mudah, terutama antara karyawan jarak jauh. Namun, migrasi cloud memiliki tantangannya sendiri—ketika pengguna dapat terhubung langsung ke Internet, profesional TI kehilangan visibilitas tentang apa yang dilakukan karyawan dan meningkatkan risiko data terekspos. Untuk mengatasi masalah ini, keamanan komputasi awan dapat menyertakan enkripsi dan manajemen identifikasi.

Pencegahan kehilangan data (DLP)

Teknologi pencegahan kehilangan data (DLP) melarang staf dan pengguna jaringan berbagi informasi sensitif, baik secara tidak sengaja atau jahat, dengan pengguna di luar jaringan. Kehilangan data dapat mencakup mengunggah, mengunduh, dan meneruskan file pribadi, mencetak informasi pribadi, dan berbagi kode akses ke data rahasia.

Distributed denial of service prevention (DDoS)

Ancaman yang semakin umum, serangan Distributed Denial of Service (DDoS) menyebabkan sistem mogok dengan membanjirinya dengan berbagai upaya untuk terhubung ke pekerjaan. Alat pencegahan DDoS membaca dengan teliti lalu lintas masuk untuk permintaan koneksi tidak sah dan mengarahkan lalu lintas menjauh dari firewall jaringan Anda.

Keamanan email

Pelanggaran keamanan email adalah ancaman paling umum terhadap keamanan jaringan. Menggunakan informasi pribadi dan taktik pemasaran dan rekayasa sosial yang canggih memungkinkan penyerang menipu penerima agar menerima kampanye phishing, mengunduh malware, dan mengikuti tautan yang mencurigakan. Aplikasi keamanan email memblokir serangan masuk, memfilter potensi ancaman, dan mencegah email keluar membagikan data tertentu dan menyebarkan malware melalui daftar kontak pengguna.

Firewall

Firewall bertindak sebagai batas antara sistem internal tepercaya Anda dan jaringan eksternal yang belum diverifikasi. Pikirkan firewall sebagai garis pertahanan pertama—mereka melindungi jaringan Anda dengan memantau masuk terhadap seperangkat aturan dan kebijakan jaringan yang sudah mapan.

Sistem pencegahan intrusi (IPS)

Sistem pencegahan intrusi (atau IPS) memindai lalu lintas sistem untuk memblokir ancaman secara aktif. Mereka dapat melakukan ini dengan melacak perkembangan file dan malware yang mencurigakan, menambang data digital yang rumit, dan pada akhirnya melarang penyebaran wabah dan mencegah infeksi ulang sistem.

Keamanan perangkat seluler

Karena semakin banyak perusahaan yang menggunakan BYOD dan aplikasi perangkat seluler pribadi , pertukaran informasi sensitif melalui jaringan jarak jauh akan meningkat secara dramatis. Pergeseran ini menghadirkan ancaman baru bagi administrator keamanan: keamanan perangkat seluler melakukan tugas penting dengan membatasi akses ke sistem dan mencegah peretas mengakses informasi sensitif melalui jaringan seluler yang rentan.

Segmentasi jaringan

Segmentasi jaringan adalah cara yang sangat efektif untuk meningkatkan keamanan organisasi Anda. Dengan memisahkan lalu lintas jaringan ke dalam zona atau kumpulan data yang berbeda dengan persyaratan kepatuhan yang serupa. Tindakan keamanan ini merampingkan pekerjaan personel keamanan sistem dengan membuatnya lebih mudah untuk menerapkan dan menegakkan kebijakan keamanan, membatasi akses dan otorisasi untuk pengguna tertentu, atau menawarkan perlindungan di lingkungan BYOD (bring-your-own-device).

Informasi keamanan dan manajemen acara (SIEM)

Teknologi SIEM, mirip dengan sistem pencegahan intrusi (IPS), memberikan analisis waktu nyata dari lalu lintas jaringan dan data historis, memberi admin sistem pandangan lengkap tentang aktivitas jaringan. Informasi ini kemudian digabungkan dengan sistem deteksi penyusupan, memberikan kemampuan kepada personel keamanan siber untuk mengidentifikasi dan merespons potensi ancaman.

VPN

Jaringan pribadi virtual (atau VPN) menawarkan perlindungan jaringan untuk pekerjaan jarak jauh dengan mengenkripsi kontak antara titik akhir ke jaringan atau sistem, biasanya melalui Internet. Paling sering, VPN akses jarak jauh beroperasi dengan menggunakan Internet Protocol Security (IPsec) atau Secure Sockets Layer (SSL) untuk mengotentikasi komunikasi dari perangkat ke jaringan yang aman.

Keamanan web

Fungsi keamanan web dengan membatasi akses ke situs web tertentu yang mungkin mengandung malware. Dengan mengontrol penggunaan web, itu juga dapat memblokir ancaman berbasis web tertentu dan melindungi dari situs jahat. Keamanan web juga dapat mengacu pada tindakan yang diambil untuk melindungi situs web atau gateway web Anda.

Keamanan nirkabel

Keamanan nirkabel mengacu pada tindakan apa pun yang diambil untuk melindungi terhadap kerentanan yang dibuat dari pemasangan sistem nirkabel seperti jaringan area lokal nirkabel (LAN) yang sangat rentan. Menetapkan rencana keamanan jaringan yang tepat untuk organisasi Anda tidaklah rumit. Alat seperti peta jaringan visual dapat membantu Anda mengatasi ancaman secara komprehensif dan mencegah ancaman apa pun di masa mendatang. Riset dan persiapan adalah cara terbaik untuk mencegah serangan jahat, dan solusi keamanan jaringan menyeluruh adalah cara terbaik untuk melindungi infrastruktur dunia maya organisasi Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *